Tautan-tautan Akses

Bush Kembali Desak Kongres AS Agar Setujui Anggaran Perang Irak


Presiden Bush sekali lagi mendesak Kongres agar menyetujui permintaan anggaran daruratnya untuk perang Irak tanpa syarat. Presiden Bush hari Kamis bertemu dengan pekerja-pekerja militer dan sipil yang akan berangkat ke Irak untuk melakukan usaha membangun kembali negara itu.

Bush mengatakan Kongres perlu memberikan persetujuan terhadap RUU itu secepat mungkin agar para pekerja itu dapat melakukan tugasnya. DPR Amerika sedang memperdebatan rencananya sendiri untuk mendanai perang itu – RUU yang menyediakan dana 124 milyar dolar yang akan mendukung perang di Irak dan Afghanistan, tetapi akan juga mengharuskan pasukan tempur Amerika meninggalkan Irak selambat-lambatnya bulan September tahun 2008.

Sementara itu, Komisi Pengadaan Senat menyetujui RUU untuk mendanai perang-perang itu dan menetapkan bulan Maret tahun 2008 sebagai tanggal penarikan sebagian besar pasukan tempur Amerika. RUU itu sekarang akan diperdebatkan dalam sidang lengkap Senat.

Presiden Bush mengancam akan memveto RUU seperti itu yang diserahkan kepadanya. Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates hari Kamis mengatakan tiap gangguan terhadap dana akan mempengaruhi kesiagaan militer.

XS
SM
MD
LG