Tautan-tautan Akses

Para Pejabat Amerika di Beijing Menyelesaikan Perselisihan dengan Pyongyang


Para pejabat Amerika di Beijing mengatakan mereka telah menyelesaikan perselisihan dengan Pyongyang mengenai dana Korea Utara sekitar 25 juta dollar yang telah dibekukan di sebuah bank di Macau. Pejabat Departemen Keuangan Amerika Daniel Glaser mengatakan hari Senin ini, Banco Delta di Macau akan mentransfer uang itu ke sebuah rekening Korea Utara di Bank of China, Beijing.

Katanya, Pyongyang telah berjanji akan menggunakan dana itu untuk tujuan kemanusiaan. Para diplomat mengatakan perjanjian transfer uang itu membuka jalan bagi kemajuan yang ingin dicapai pada pembicaraan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara, yang dimulai kembali hari ini di ibu kota Cina.

Laporan dari Bejing mengutip utusan Korea Utara Kim Kye Kwan mengatakan Pyongyang akan menghentikan kegiatan di reaktor nuklirnya di Yongbyon setelah sengketa dana yang dibekukan itu selesai.

Juru-runding nuklir Amerika Christopher Hill mengatakan pembicaraan kini seyogianya difokuskan pada masalah lain yang masih merintangi perlucutan senjata Korea Utara.

XS
SM
MD
LG