Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres dan Pejabat Pemerintah AS Perdebatkan Penarikan Pasukan dari Irak


Selagi ulang tahun ke-4 perang Irak mendekat, anggota Kongres dan pejabat Amerika memperdebatkan apakah menarik pulang pasukan Amerika. Dalam wawancara dengan jaringan televisi kabel Late Edition hari Minggu, anggota Dewan Perwakilan John Murtha mengatakan pemerintah bertanggungjawab pada rakyat Amerika untuk menarik pulang pasukan Amerika.

Senator John Kerry dari fraksi Demokrat mengatakan dalam wawancara hari Minggu bahwa ia tidak melihat ada penyelesaian militer terhadap kekerasan di Irak. Dalam wawancara lain penasehat keamanan nasional Presiden Bush, Stephen Hadley mengatakan menarik diri dari Irak dapat menciptakan tempat aman bagi teroris yang akan mengacau negara-negara tetangga Irak dan menyerang Amerika.

Sementara, Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan dalam acara televisi CBS hari Minggu bahwa masih terlalu awal untuk mengetahui apakah pasukan tambahan yang dikirim ke Irak memang membantu memadamkan kekerasan di sana. Ia, katanya, umumnya puas dengan kinerja pasukan Irak sejak Amerika mulai menggelar 25 ribu pasukan tambahan di Irak.

Hari Sabtu, ribuan demonstran tumpah ke Departemen Pertahanan di Pentagon memperingati ulang tahun ke-4 perang Irak yang jatuh pada hari Selasa. Di antara pengunjuk rasa termasuk Aktivis anti-perang Cindy Sheehan yang anaknya tewas sewaktu bertugas di Irak. Sheehan berpidato di depan massa yang kebanyakan terdiri atas kaum muda, dalam cuaca dingin mendekati titik beku dan angin kencang hari Sabtu. Dia menggugah ingatan akan demonstrasi lain di luar Pentagon menentang Perang Vietnam yang terjadi 40 tahun lalu.

XS
SM
MD
LG