Tautan-tautan Akses

Khalid Sheikh Mohammed Menyatakan Bertanggung-Jawab atas Serangan 11 September 2001 di AS


Tersangka teroris Khalid Sheikh Mohammed menyatakan bertanggung-jawab atas serangan 11 September 2001 di AS dan puluhan komplotan teroris lainnya.

Pengakuan Khalid terungkap dalam transkrip yang diumumkan Pentagon Rabu malam dan hari ini, setelah dilakukan hearing militernya 10 Maret yang lalu. Khalid mengatakan ia bertanggung-jawab atas serangan 11 September dari A sampai Z. Ia juga menyatakan bertanggung-jawab atas pembunuhan wartawan Amerika Daniel Pearl, yang diculik dan dibunuh di Karachi, Pakistan, pada tahun 2002.

Pentagon tidak mengumumkan komentar Khalid mengenai Pearl sampai hari ini, setelah keluarga Pearl diberitahu. Khalid sudah lama dituduh terlibat dalam pembunuhan itu.

Warganegara Pakistan itu juga mengatakan ia adalah komandan operasional militer al Qaida untuk semua operasi asing di seluruh dunia. Ia mengaku merencakan serangan tahun 1993 atas World Trade Center di New York dan serangan tahun 2002 di Bali yang menewaskan lebih dari 200 orang. Semuanya, ia menyatakan ikut mengambil bagian dalam 31 serangan atau persekongkolan terpisah, tidak semuanya dilaksanakan

XS
SM
MD
LG