Tautan-tautan Akses

Utusan AS Richard Gere Pertanyakan Komitmen Cina Untuk Lakukan Dialog Dengan Tibet


Utusan Amerika untuk isu-isu Tibet, aktor Richard Gere, mempertanyakan komitmen Cina untuk berdialog dengan Tibet dan mendesak Kongres Amerika supaya membantu upaya Tibet memperoleh otonomi. Dalam pernyataannya di komisi Urusan Luar Negeri DPR Amerika hari Selasa, Richard Gere mendesak presiden Cina Hu Jintao untuk memanfaatkan saat yang ada padanya sekarang ini sebelum Olimpiade 2008 dan mencari resolusi kreatif dan berdamai atas keadaan di Tibet. Ia juga mendesak Kongres Amerika supaya meyakinkan Cina bahwa kelangsungan hidup warisan spiritual dan budaya Tibet bukan hanya penting bagi bangsa Tibet, tetapi juga bagi ambisis Cina sendiri untuk memperoleh kesuksesan dan kehormatan.

Dalam mengumandangkan pernyaatan tadi, Ketua Komisi di DPR Tom Lantos mengatakan bukti akan kemunculan Cina sebagai negara yang menghendaki perdamaian mula-mula harus datang dari lingkungan perbatasannya sendiri. Amerika menganggap Tibet sebagai bagian Cina, tetapi mendorong Beijing supaya mengadakan diskusi dengan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama.

Sementara, koordinator khusus untuk isu-isu Tibet di Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Washington beranggapan Tibet adalah bagian Cina, tetapi mendorong Beijing supaya mengadakan pembicaraan dengan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama. Dalam pernyataan di depan Komisi Urusan Luar Negeri DPR Amerika hari Selasa, Paula Dobriansky mengatakan Amerika mempunyai dua tujuan. Pertama adalah untuk menggalakkan dialog substantif antara Cina dan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, kedua: untuk membantu melanggengkan keunikan warisan agama, bahasa dan budaya Tibet.

Juga turut memberi kesaksian di depan komisi itu, utusan khusus Dalai Lama, Lodi G. Gyari. Ia mengatakan keputusan untuk mengadakan sidang dengar keterangan itu menunjukkan betapa dalamnya perhatian Kongres Amerika atas isu Tibet. Gyari juga menyatakan terima kasih kepada Presiden Bush atas dukungannya pada upaya tulus Dalai Lama untuk menemukan solusi yang memberi manfaat bersama.

XS
SM
MD
LG