Tautan-tautan Akses

Polisi Bentrok Dengan Pengacara Dalam Demonstrasi Rusuh di Pakistan


Polisi anti huru hara Pakistan telah bentrok dengan pengacara yang mengadakan demonstrasi di seluruh negeri, memprotes pemecatan Hakim Ketua dari Mahkamah Agung. Sekitar 20 orang luka-luka di Lahore, di Pakistan Timur, dimana polisi menggunakan tongkat pemukul untuk membubarkan pengacara yang berkumpul di luar Pengadilan Tinggi Lahore.

Pengacara juga memboikot sidang-sidang pengadilan, dan mengadakan demonstrasi di ibukota, Islamabad, serta kota pesisir Karachi. Protes ini di selenggarakan menyusul keputusan kontroversial oleh Presiden Pervez Musharraf Jumat untuk memecat Hakim Agung Iftikhar Mohammed Chaudry.

Pemerintah belum mengeluarkan perincian bukti terhadap hakim itu. Tetapi tuduhan itu di perkirakan berasal dari kecurangan finansial. Perdana Menteri Pakistan Shaukat Aziz mengatakan, hal ini kini akan diputuskan oleh Dewan Agung Judisial, dan semua langkah terhadap hakim itu memenuhi konstitusi. Tetapi pengacara yang marah mengatakan, langkah terhadap Chaudry itu merupakan pelanggaran independensi cabang judisial Pakistan.

XS
SM
MD
LG