Tautan-tautan Akses

Presiden Bush Bertemu Presiden Uruguay Tabare Vazquez di Kota Kolonia


Presiden Amerika George Bush telah bertemu dengan Presiden Uruguay Tabare Vazquez , untuk mengadakan pembicaraan yang mencakup cara –cara memperbaiki kehidupan rakyat Uruguay yang tinggal di dalam negeri dan di Amerika Serikat. Setelah pembicaraan hari Sabtu di Kota Kolonia, Uruguay, Presiden Vazquez mengatakan, ia mengingatkan Presiden Bush bahwa ribuan warga Uruguay tinggal di Amerika Serikat untuk mengejar kehidupan yang lebih baik.

Presiden Bush mengulangi permintaanya kepada Kongres Amerika mengesahkan rancangan undang-undang reformasi imigrasi. Presiden Bush menambahkan bahwa Amerika Serikat tidak dapat mengusir begitu saja para imigran gelap, tetapi juga tidak dapat memberikan kewarganegaraan secara otomatis kepada mereka. Presiden Bush mengelakkan pertanyaan tentang Presiden Venezuela yang melancarkan unjuk rasa anti Bush di negara tetangga Uruguay, Argentina, hari Jum’at. Tetapi Presiden Bush menolak memberikan komentar mengenai kegiatan Pemimpin Venezuela itu. Bush mengatakan, Amerika Serikat melakukan diplomasi diam-diam dan efektif yang bertujuan membantu rakyat.

Presiden Bush dan Presiden Vazquez juga membahas masalah perdagangan. Presiden Vazquez telah mendesak agar pasar Amerika lebih terbuka bagi barang-barang Uruguay, seperti daging sapi dan tekstil. Presiden Bush mengatakan, ia telah mengatakan kepada Presiden Uruguay bahwa ia akan mempertimbangkan dengan serius permintaan Uruguay tersebut.

Presiden Bush mengatakan, Amerika hanya ingin merasa pasti bahwa produk Amerika juga mendapat akses ke pasar. Dari Uruguay, Presiden Bush menuju Colombia, lalu Guatemala dan Mexico, ketiganya mempunyai hubungan baik dengan Amerika Serikat. Gedung Putih menyebut lawatan Presiden Bush itu lawatan Muhibah yang bertujuan menekankan komitmen Amerika Serikat pada keadilan sosial di Hemisfir Barat.

Tetapi para pengritik mengatakan, Presiden Bush berusaha melawan pengaruh Presiden Venezuela Hugo Chavez yang semakin meningkat. Demonstrasi juga berlangsung di Brazil, Colombia dan Uruguay sendiri. Para pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Ibukota, Montevideo hari Jum’at, meneriakkan semboyan-semboyan anti Amerika, dan membakar gambar Presiden Amerika itu.

Sebelumnya, hari Jum’at, Presiden Bush bertemu dengan Presiden Brazil, Luiz Inacio Lula Da Silva, setelah Menteri Luar Negeri kedua negara menandatangani perjanjian untuk meningkatkan produksi bahan bakar ethanol yang berdasar pada tebu di Amerika Tengah dan Karibea.

XS
SM
MD
LG