Tautan-tautan Akses

PM Maliki: Konferensi Internasional Menunjukkan  Situasi di Irak Makin Membaik


Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengatakan konferensi internasional Sabtu ini di Bagdad menunjukkan situasi di Irak membaik. Maliki melakukan peninjauan yang jarang atas jalan-jalan kota Bagdad hari Jumat.

Maliki berbicara kepada wartawan di sebuah sebuah pembangkit tenaga listrik. Dia mengatakan, langkah-langkah keamanan diambil untuk menjamin keselamatan para anggota delegasi ke konferensi itu.

Konferensi itu akan mempertemukan wakil-wakil dari negara-negara tetangga Irak dan kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia dan Cina.

Sementara itu, panglima pasukan koalisi di Irak utara, Mayor Jenderal Amerika Benjamin Mixon mengatakan dia telah meminta tambahan pasukan dikerahkan ke provinsi Diyala. Katanya, operasi-operasi di Diyala dimaksudkan untuk terus menekan pemberontak yang mungkin menggunakan wilayah itu sebagai tempat persembunyian atau pangkalan. Dalam perkembangan terpisah militer Amerika mengatakan seorang anggota marinir tewas dalam pertempuran di provinsi Anbar.

XS
SM
MD
LG