Tautan-tautan Akses

Amerika dan Brazil Tandatangani Perjanjian Kerjasama Produksi Bahan-Bakar Alternatif


Presiden Amerika Serikat dan Brazil telah berikrar untuk bekerjasama dalam memulai kembali perundingan perdagangan dunia. Mereka mengatakan dunia tidak bisa bekerjasama jika Amerika Serikat dan Brazil tidak bisa bekerjasama.

Pemimpin dua diantara negara terbesar di benua Amerika itu bertemu hari ini di Sao Paulo, Brazil, beberapa jam setelah menteri luar negeri kedua negara menandatangani persetujuan untuk memperluas produksi bahan-bakar ethanol dari gula tebu di Amerika Tengah dan Karibia.

Presiden Bush mengatakan kedua pemimpin membahas isu itu, dan perundingan perdagangan dunia. Katanya perdagangan merupakan program anti-kemiskinan terbaik.

Presiden Brazil itu, Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan dia memberitahu Bush bahwa dia bersedia ikut-serta dalam pertemuan dimanapun di dunia untuk membantu mengatasi kebuntuan dalam perundingan perdagangan dunia yang disebut Putaran Doha itu. Katanya dia yakin kebuntuan itu dapat diatasi.

Gedung Putih mengatakan, alasan Bush mengunjungi Amerika Latin adalah untuk kunjungan muhibah menekankan perang melawan kemiskinan di kawasan itu. Kata para pengecam, lawatan itu lebih cenderung untuk menghadapi pengaruh makin besar Presiden Venezuela Hugo Chavez, pengecam keras pemerintah Bush.

XS
SM
MD
LG