Tautan-tautan Akses

Para Diplomat Uni Eropa Memperdebatkan Pengurangan Tajam Pencemaran Gas


Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan biaya melawan pemanasan global jauh lebih sedikit daripada biaya tidak berbuat apa-apa.

Barroso mengatakan demikian di Brusel hari Senin, dimana para diplomat Uni Eropa memperdebatkan pengurangan tajam pencemaran gas, yang menurut para ilmuwan menyebabkan iklim bumi lebih panas.

Barroso mengatakan ia memahami biayanya terhadap ekonomi negara kalau pencemaran gas dibatasi. Tetapi, ia menambahkan, tidak menanggulangi masalah tersebut akan menimbulkan biaya yang lebih besar di masa depan. Barroso mengatakan bahwa negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat, menyaksikan dengan seksama untuk melihat apa yang akan dilakukan Eropa mengenai soal ini.

Para menteri lingkungan Uni Eropa sepakat pada prinsipnya bulan lalu untuk mengurangi pencemaharan karbon dari mobil dan paberik sampai 20 persen sebelum tahun 2020.

Para pemimpin Uni Eropa akan mengadakan pemungutan suara dalam KTT minggu ini. Sebagian yakin rencana itu terlalu mahal dan mengusahakan kompromi.

XS
SM
MD
LG