Tautan-tautan Akses

Cina Umumkan Kenaikan Anggaran Militer Menjadi Hampir 45 Miliar Dolar


Cina mengumumkan rencana menaikkan anggaran militer hampir 18% menjadi hampir 45 miliar dolar tahun ini. Juru bicara Kongres Rakyat Nasional menerangkan kepada wartawan hari Minggu tambahan itu akan dipergunakan meningkatkan perlengkapan dan teknologi dan menaikkan gaji serta tunjangan anggota Tentara Pembebasan Rakyat. Kenaikan itu lebih besar dari 10 sampai 15 persen pertumbuhan tahunan anggaran pertahanan Cina selama beberapa tahun terakhir. Namun pemerintah Cina mengatakan kenaikan itu jangan dipandang sebagai ancaman terhadap negara lain.

Deputi menteri luar negeri Amerika John Negroponte yang tengah berada di Beijing meminta Cina agar lebih transparan mengenai rincian peningkatan kekuatan militernya. Ia mengatakan perhatian Washington terhadap tingkat pengeluaran tidak sebesar terhadap kegagalan Beijing dalam menjelaskan bagaimana Cina akan menggunakan uang tersebut.

Sebelumnya, Jurubicara pemerintah Cina mengatakan, Deputi Menteri Luar Negeri Cina Dai Bingguo bertemu dengan Negropente hari Sabtu, dan mendesak Washington untuk bekerjasama dengan Beijing dalam membantu mempertahankan perdamaian di Selat Taiwan. Dai juga menyatakan tentangan terhadap rencana Amerika hendak menjual senjata kepada Taiwan. Departemen Pertahanan Amerika telah megumumkan rencana untuk menjual ratusan rudal udara-ke-udara dan darat-ke-udara senilai 421 juta dollar kepada Taiwan.

XS
SM
MD
LG