Tautan-tautan Akses

Enam Negara Besar Dunia Gagal Capai Kesepakatan Soal Resolusi Sanksi Bagi Iran


Konferensi lewat pembicaraan telepon antara enam negara besar dunia telah gagal menghasilkan kesepakatan mengenai resolusi sanksi baru PBB yang dimaksudkan untuk menekan Iran agar menghentikan program nuklir.

Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, Cina dan Jerman melakukan upaya terbaru mereka hari Sabtu untuk memfinalkan resolusi yang akan mengenakan sanksi tambahan terhadap Iran setelah mengabaikan batas waktu baru PBB untuk menghentikan pengayaan uranium.

Para pejabat Amerika sebelumnya mengatakan mereka berharap pembicaraan hari Sabtu itu akan menghasilkan satu rancangan resolusi baru. Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Kurtis Cooper mengatakan keenam negara akan memindahkan pembicaraan mengenai Iran ke PBB di New York. Katanya, pihak-pihak yang terlibat tetap memiliki komitmen untuk merancang satu resolusi baru dalam waktu dekat.

Para diplomat mengatakan, keenam negara sedang mempertimbangkan larangan berpergian terhadap para pejabat Iran yang terlibat dalam aktivitas nuklir dan pengetatan berangsur-angsur sanksi lain yang sudah dikenakan PBB bulan Desember lalu.

XS
SM
MD
LG