Tautan-tautan Akses

Negroponte Kunjungi Cina Untuk Pembicaraan Soal Program Nuklir Korea Utara


Wakil Menteri Luar Negeri Amerika John Negroponte berada di Cina untuk menghadiri pembicaraan yang diduga akan berfokus pada program nuklir Korea Utara dan isu-isu regional lainnya.

Negroponte, yang tiba di Beijing hari ini, untuk berkunjung tiga hari akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Cina Li Zhaoxing dan para pejabat tinggi lain. Persinggahan di Cina ini merupakan yang kedua dalam lawatan yang dimulai Jumat kemarin di Jepang.

Ketika berada di Tokyo, dia memperingatkan bahwa mencabut sanksi terhadap Korea Utara akan membutuhkan waktu, dan akan tergantung pada Pyongyang dalam memenuhi janji yang dibuatnya bulan lalu untuk meninggalkan program senjata nuklirnya.

Jumat kemarin, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Song Min-soon mengatakan, Korea Utara akan memperolah manfaat dari persetujuan perlucutan senjata baru-baru ini hanya kalau Pyongyang memenuhi janjinya untuk mengakhiri program nuklirnya. Kata Song Min-soon di Washington, masyarakat internasional harus berusaha meyakinkan Korea Utara bahwa Negara itu akan lebih aman tanpa senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG