Tautan-tautan Akses

Hari Ini DK PBB Berusaha Selesaikan Persetujuan Mengenai Sanksi Bagi Iran


Negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB Sabtu ini akan berusaha untuk menyelesaikan persetujuan mengenai sanksi terhadap Iran, karena tidak mau menghentikan program pemrosesan uraniumnya.

Kata para pejabat, para wakil AS., Inggris, Prancis, Cina dan Jerman, sepakat mengenai – unsur-unsur penting – dalam konferensi jarak jauh Kamis baru lalu. Para pejabat mengatakan, mereka berharap beberapa masalah penting yang masih ada, akan diselesaikan hari ini.

Rencana resolusi yang untuk dipertimbangkan oleh ke-15 anggota Dewan Keamanan PBB diharapkan akan diberlakukan pekan depan. Jubir Deplu AS. Casey tidak mau membicarakan isi rancangan resolusi itu. Namun, ia mengatakan , walaupun Washington menghendaki resolusi secepat mungkin, Washington tidak mau menerima resolusi yang lemah hanya untuk memperoleh persetujuan yang cepat.

Washington mengatakan, meskipun pemerintah Bush menghendaki resolusi mengenai program nuklir Iran selesai selekas mungkin, resolusi itu tidak akan siap dalam sepekan untuk memperoleh persetujuan cepat.

Iran mengabaikan batas waktu – 21 Februari lalu – yang telah ditetapkan oleh Dewan Keamanan PBB agar menghentikan program pemrosesan uraniumnya atau akan menghadapi sanksi baru, selain yang telah diberlakukan Desember lalu.

XS
SM
MD
LG