Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom Mobil di Baghdad Selatan Menewaskan 10 Orang


Polisi Irak mengatakan ledakan bom mobil di Baghdad selatan menewaskan sekurang-kurangnya 10 orang dan melukai tujuh lainnya. Polisi mengatakan ledakan itu terjadi hari ini di sebuah jalan di permukiman Bayaa, Baghdad. Secara terpisah, militer Amerika mengatakan tentara Amerika membunuh delapan tersangka militan dan menahan enam lainnya dalam penggerebekan di dan di sekitar Baghdad.

Pernyataan militer mengatakan para militan itu tewas ketika pasukan Amerika melakukan serangan udara terhadap sebuah wilayah di pinggiran Baghdad. Penggerebekan lainnya terjadi di Baghdad dan di dekat Mahmoudiyah. Dalam hal diplomatik, Amerika Serikat Selasa kemarin mengumumkan rencana untuk menghadiri pertemuan regional mengenai Irak yang akan mengikut-sertakan wakil-wakil dari Iran dan Syria.

MenLu Condoleezza Rice meneguhkan Selasa kemarin bahwa Suriah dan Iran akan diundang, dan bahwasanya kedua negara memiliki kepentingan untuk memiliki tetangga Iraq yang stabil. Dia berkata:

"Kekerasan yang berlangsung di Iraq memberi dampak kepada tetangga-tetangganya, yang bersama-sama masyarakat internasional, memiliki peran yang jelas untuk mendukung usaha pemerintah Iraq dalam menciptakan perdamaian dan perujukan nasional di dalam negeri."

Walaupun dingin, AS mempertahankan kedutaan besar Suriah di AS, sementara telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran selama hampir 3 dasawarsa.

Irak telah mengundang negara-negara tetangganya, para anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Kelompok 8 negara-negara industri untuk menghadiri pertemuan tersebut.

XS
SM
MD
LG