Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Iran Tak Akan Batalkan Program Nuklir Meskipun Mendapat Tekanan Internasional


Media pemerintah Iran mengutip Presiden Mahmoud Ahmadinejad selaku mengatakan Iran tidak akan membatalkan program nuklirnya yang kontroversial meskipun mendapat tekanan internasional. Ia mengatakan hari Minggu upaya negaranya mengembangkan teknologi untuk menghasilkan bahan bakar nuklir ibarat kereta-api yang tidak punya rem dan gigi mundur.

Iran tidak menghiraukan batas waktu tanggal 12 Februari yang ditetapkan Dewan Keamanan PBB baginya untuk menghentikan proses memperkaya uranium atau akan menghadapi sanksi lebih lanjut dari PBB. Iran menegaskan program nuklirnya hanya untuk energi damai.

Amerika dan negara Barat lain curiga Iran hendak membuat senjata nuklir. Berbicara dalam acara televisi Fox News Sunday menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan Iran harus berhenti memperkaya uranium. Rice mengulangi tawaran sebelumnya untuk bertemu dengan pejabat-pejabat Iran jika negara itu menghentikan program nuklirnya.

Sementara, para wakil Amerika, Inggris, Prancis, Rusia, Cina dan Jerman hari Senin bertemu di London membicarakan soal meningkatkan tekanan terhadap Iran karena bertekad meneruskan program nuklirnya. Kelima negara pertama adalah anggota Dewan Keamanan PBB.

XS
SM
MD
LG