Tautan-tautan Akses

AS Akan Perketat Sanksi Bertahap Terhadap Iran Karena Program Nuklirnya


Amerika mengatakan, pihak nya berusaha menyelenggarakan langkah-langkah inkremental untuk memperketat sanksi terhadap Iran karena program nuklirnya. Jurubicara Departemen Luar Negeri, Sean McCormack, mengatakan ia memperkirakan sebuah resolusi baru DK PBB akan secara proporsional meningkatkan tekanan terhadap Iran.

Pejabat dari enam negara bertemu di London Senin guna mempertimbangkan langkah selanjut nya dalam pertikaian nuklir Iran. Pertemuan ini melibatkan utusan dari lima anggota tetap Dewan Keamanan, Amerika, Inggris, Prancis, Rusia, Cina, ditambah Jerman.

Iran tidak mempedulikan batas waktu Dewan Keamanan untuk menghentikan pengayaan uranium minggu lalu, dan terancam sanksi baru, di samping sanksi yang sudah di berlakukan Desember lalu.

Jurubicara Perdana Menteri Inggris memperingatkan Iran agar jangan meremehkan persatuan masyarakat internasional dalam menghadapi kegiatan nuklir Iran. Tetapi Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan di Moskow, pembicaraan mengenai kemungkinan serangan militer terhadap Iran, mengutip kata-kata nya, bisa menghebohkan.

XS
SM
MD
LG