Tautan-tautan Akses

Perunding Nuklir Korut Akan Kunjungi AS Bahas Persetujuan Perlucutan Senjata


Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan, perunding utama pembicaraan nuklir Korea Utara akan mengunjungi Amerika pekan depan, untuk melanjutkan perundingan mengenai persetujuan perlucutan senjata baru-baru ini.

Yonhap Sabtu ini mengutip sumber yang tidak disebutkan, yang mengatakan bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Kim Kye Gwan, akan mengunjungi Universitas Stanford, di San Francisco, untuk memberikan ceramah, Kamis mendatang. Kemudian, dia akan ke New York untuk menghadiri pertemuan dengan Asisten Menteri Luar Negeri A.S., Christopher Hill.

Tidak ada pejabat baik dari Korea Utara maupun dari Amerika yang mengukuhkan laporan tadi. Korea Utara setuju untuk menutup fasilitas utama nuklirnya di Yongbyong dan mengizinkan kedatangan inspektur energi atom ke negara itu dalam waktu 60 hari, sebagai imbalan atas bantuan energi.

Sebelumnya, kepala Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA – Mohammad ElBaradei Jumat mengatakan, dia diundang Korea Utara untuk membahas penghentian program nuklir Negara itu. Dia mungkin akan pergi ke Korea Utara bulan Maret. Kunjungan itu untuk menyiapkan kembalinya inspektur internasional ke Korea Utara untuk pertama kalinya dalam lebih dari 4 tahun.

XS
SM
MD
LG