Tautan-tautan Akses

Penemuan Tempat Shalat Muslim Kuno Menimbulkan Kehebohan Baru di Yerusalem


Ahli purbakala pemerintah Israel, Yuval Baruch mengatakan sebuah kamar sembahyang Muslim telah ditemukan di bawah jalan mendaki ke tempat-tempat suci Muslim di Yerusalem. Pengungkapan ini menimbulkan heboh baru mengenai penggalian yang dilakukan Israel di tempat itu.

Dalam tulisan di website pemerintah Israel, Baruch mengatakan kamar sembahyang itu ditemukan pada tahun 2004 ketika jalan menanjak menuju Masjid al-Aqsa runtuh. Menurutnya kamar itu bolehjadi adalah bagian dari sekolah Muslim purbakala. Surat kabar Israel Yediot Aharonot mengatakan kamar itu dari abad ke-11.

Direktur kelompok WAQF Islam, Adnan Husseini yang mengawasi tempat-tempat suci Islam di Yerusalem mengeritik Israel karena tidak memberitahu pihak Muslim yang berwenang mengenai temuan itu.

Penggalian yang dilakukan Israel di sepanjang jalan menanjak Mughrabi itu mencetuskan protes dari Muslim. Para pemuka Muslim khawatir penggalian tersebut merusak fondasi Masjid al-Aqsa. Israel mengatakan penggalian tidak membahayakan tempat-tempat suci Islam.

XS
SM
MD
LG