Tautan-tautan Akses

Senat AS Adakan Pemungutan Suara Soal Resolusi Menentang Penambahan Pasukan di  Irak


Fraksi Partai Republik di Senat Amerika Serikat telah menghalangi perdebatan tentang rancangan resolusi tidak mengikat yang menentang usaha Presiden Bush mengirim pasukan tambahan ke Irak.

Dalam pemungutan suara hari Sabtu fraksi Republik yang minoritas berhasil mencegah rancangan resolusi itu diperdebatkan di Senat yang didominasi fraksi Demokrat tersebut. Resolusi kedua partai itu menentang pengiriman tentara tambahan Amerika Serikat, tetapi menyatakan terus mendukung pasukan Amerika yang sudah berada di sana.

Berdasarkan peraturan Senat, 60 dari 100 anggota badan itu harus menyetujui langkah prosedural itu untuk melicinkan jalan bagi pemungutan suara mengenai resolusi tersebut. Lima puluh enam senator setuju rancangan resolusi diperdebatkan dan 34 menentang.

Sepuluh senator tidak memberikan suara. Ini adalah kedua kalinya bulan ini fraksi Republik berusaha menghalangi para senator memperdebatkan kebijakan Presiden Bush mengenai Irak. DPR Amerika, secara simbolis menentang kebijakan Presiden Bush itu dengan menyetujui rancangan resolusi serupa hari Jum’at.

XS
SM
MD
LG