Tautan-tautan Akses

Bush Menelepon Pemimpin Israel dan Saudi Soal Isu Pemerintah Persatuan Palestina


Presiden Bush mengadakan pembicaraan telepon dengan pemimpin-pemimpin Israel dan Saudi mengenai upaya Palestina membentuk sebuah pemerintahan persatuan.

Percakapan telepon itu dilakukan hari Jumat, pada saat Mentri LN Amerika Condoleezza Rice berangkat menuju ke Timur Tengah dan pertemuan tiga pihak hari Senin dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan PM Israel Ehud Olmert.

Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan Presiden Bush berbicara dengan PM Olmert mengenai pertemuan hari Senin itu. Perjalanan Mentri LN Rice itu dilakukan setelah ada persetujuan yang ditengahi Saudi pekan lalu untuk membentuk sebuah pemerintahan persatuan Palestina antara kelompok Fatah pimpinan Presiden Abbas yang moderat dan kelompok Islam militan Hamas.

Rice mengatakan AS belum akan memberi penilaian mengenai pemerintahan Palestina baru sebelum pemerintahan itu terbentuk. Gedung Putih mengatakan Presiden Bush juga membahas perkembangan ini dengan Raja Arab Saudi Abdullah dan mengatakan mereka juga membicarakan situasi di Irak.

XS
SM
MD
LG