Tautan-tautan Akses

Rice Bertolak ke Timur Tengah, Akan Bertemu Ehud Olmert dan Mahmoud Abbas


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice akan bertolak hari ini ke Timur Tengah untuk melakukan pembicaraan dengan perdana menteri Israel dan presiden Palestina. Rice akan melangsungkan pertemuan terpisah hari Minggu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert, kemudian melakukan pertemuan tiga-pihak hari Senin.

Lawatan menteri luar negeri Rice ke kawasan itu dilakukan menyusul kesepakatan yang tercapai pekan lalu untuk membentuk pemerintah persatuan nasional antara faksi Fatah pimpinan Abbas yang lebih moderat dan kelompok Islamis militan Hamas.

Rice sudah mengatakan keikutsertaan Hamas dalam pemerintahan membuat upaya perdamaian “lebih rumit”. Dia belum mengatakan Washington akan memboikot pemerintahan baru itu, tetapi katanya dia belum akan memberikan penilaian sampai pemerintahan itu terbentuk.

Menteri Rice mengatakan, dia berharap membawa fokus ke yang dia sebut “horizon politik” bagi rakyat Palestina akan membantu Abbas dan mengurangi pengaruh Hamas.

XS
SM
MD
LG