Tautan-tautan Akses

Bush Serukan Sekutu-Sekutu NATO Sediakan Lebih Banyak Pasukan di Afghanistan


Presiden Bush mengatakan NATO merencanakan ofensif baru di Afghanistan untuk memperkuat pemerintahan demokratis di negara itu dan menangkal ofoensif musim semi yang kemungkinan dilakukan oleh Taleban. Presiden Bush hari ini berjanji akan memperpanjang kehadiran 3.200 pasukan Amerika di negara itu selama empat bulan lagi. Ia menambahkan AS akan mengerahkan pasukan pengganti untuk menghadapi yang ia sebut “masa depan yang dekat.”

Dalam sebuah pidato di Washington, Presiden Bush juga mengatakan ia minta kepada Kongres agar menyediakan dana hampir 12 milyar dolar selama dua tahun mendatang bagi Afghanistan. Dan ia mengemukakan garis besar lima tujuan untuk membantu mengamankan dan membangun kembali negara itu.

Presiden Bush mengatakan sekutu-sekutu Amerika harus membantu memperkuat pasukan keamanan Afghanistan. Ia menyerukan kepada sekutu-sekutu NATO agar mengirim lebih banyak pasukan dan mencabut pembatasan terhadap pasukan-pasukan yang mereka kirimkan sehingga pada komandannya memiliki fleksibilitas yang mereka perlukan.

Mengenai pembangunan kembali Afghanistan, Presiden Bush menyerukan langkah-langkah untuk memperbaiki infrastruktur dan perekonomian di pedesaan. Ia mengatakan ini termasuk upaya untuk mengurangi penanaman tanaman ganja yang akhir-akhir ini meningkat. Presiden Bush juga berjanji akan membantu pemerintah Afghanistan memerangi korupsi dalam sistem pengadilannya.

XS
SM
MD
LG