Tautan-tautan Akses

Perundingan Untuk Mengakhiri Nuklir Korut di Beijing Kemungkinan akan Diperpanjang


Seorang pejabat Korea Selatan yang dekat dengan perundingan untuk mengakhiri program nuklir Korea Utara mengatakan perundingan kemungkinan akan diperpanjang sehari lagi.

Pejabat itu yang berbicara di Bejing hari ini Senin dengan syarat tidak diungkapkan jatidiri-nya mengatakan perundingan diperkirakan akan dilanjutkan hari Selasa karena berbagai pihak sudah bekerja lebih serius.

Para pejabat Cina sebelumnya mengatakan pembicaraan akan berakhir hari ini, tak peduli dicapai kemajuan atau tidak.

Amerika Serikat, Korea Selatan, Cina, Jepang dan Rusia sudah berusaha meyakinkan Korea Utara sejak hari Kamis untuk menerima insentif keuangan dan keamanan sebagai imbalan mengakhiri program nuklirnya.

Sebelumnya hari ini Asisten Menteri Luar Negeri Christopher Hill mengatakan tidak perlu melanjutkan tawar menawar dengan Korea Utara karena kepada mereka sudah diajukan semua insentif yang mungkin diberikan. Katanya terserah kepada Korea Utara membuat keputusan mengenai program nuklirnya. Hill berkata.

"Kita sudah melampaui 4 hari berunding tentang satu hal, dan saya pikir kita tidak perlu lagi membahas hal ini, kita harus mengambil keputusan."

Demikian kata Hill. Dan masalah itu adalah tentang bantuan energi kepada Korea Utara.

XS
SM
MD
LG