Tautan-tautan Akses

Indonesia Kerahkan Tim Pembersih, Banjir Jakarta Tewaskan Sedikitnya 94 Orang


Indonesia telah mengerahkan tim-tim untuk membantu membersihkan ibukota Jakarta setelah hujan lebat menggenangi kota itu, menewaskan paling kurang 94 orang dan memaksa ratusan ribu warga mengungsi dari rumah mereka. Ribuan tentara dan tenaga sukarela menyekop kotoran ke dalam truk-truk sampah saat air menyusut hari ini.

Tujuhpuluh truk telah ditugaskan untuk menyemprotkan air dan obat pembasmi kuman ke wilayah-wilayah yang terkena banjir itu dalam upaya mencegah perebakan penyakit yang menular melalui air. Para pejabat kesehatan khawatir, warga yang tinggal berdesak-desak mungkin rawan terhadap penyakit demam berdarah, malaria, disentri dan kholera.

Rumahsakit-rumahsakit kota itu sudah kewalahan menanggulangi peningkatan jumlah anak-anak yang terserang diare. Pemerintah sedang mengumpulkan pengungsi yang tersebar di seantero Jakarta ke enam kota tenda, yang masing-masingnya mampu menampung lima ribu orang.

Paling sedikit 70 ribu orang masih tinggal di tempat penampungan darurat. Pihak berwenang mengatakan banjir telah mengakibatkan kerugian sekitar 460 juta dolar terhadap rumah-rumah dan bisnis yang rusak selama sepekan terakhir ini. Dengan masih beberapa minggu lagi berlangsung musim hujan di Indonesia, para pejabat pemerintah mengutarakan hujan akan memicu banjir lebih banyak.

XS
SM
MD
LG