Tautan-tautan Akses

Panglima Baru Militer AS di Irak: Situasi Keamanan Gawat, Tetapi Masih Dapat Diatasi


Panglima baru militer Amerika di Irak, Jenderal David Petraeus mengatakan, situasi di Irak gawat, tetapi masih ada harapan untuk dapat diatasi. Serah terima jabatan dengan Jenderal George Casey berlangsung di pangkalan Amerika Serikat, Camp Victory, dekat Baghdad, hari ini.

Jenderal Petraeus mengatakan, prospek bagi keberhasilan di Irak bagus, namun dia memperingatkan, kegagalan akan membenamkan Irak ke dalam kekerasan dan ketegangan sipil yang berkesinambungan.

Dalam surat kepada pasukan Amerika hari Sabtu jenderal bintang empat itu menekankan pentingnya bekerja bahu-membahu dengan sejawat tentara Irak untuk memperteguh keamanan. Panglima baru Amerika di Irak itu akan mengawasi rencana Presiden Bush untuk mengirim 21.500 tentara tambahan ke Irak guna menegakkan keamanan.

Sementara itu di daerah Syi’ah di Baghdad hari Sabtu, sedikitnya 8 warga sipil tewas dalam dua serangan oleh yang dicurigai sebagai pemberontak Sunni. Sementara itu, pihak kepolisian mengatakan, orang-orang bersenjata menyerbu sebuah rumah di daerah Musayyib, di selatan Baghdad, menewaskan 3 anggota keluarga, dan melukai 2 orang lainnya. Di pusat Ibukota, Baghdad, ledakan sebuah bom mobil menewaskan paling sedikit 5 orang dan melukai 10 orang lainnya di Karradah.

XS
SM
MD
LG