Tautan-tautan Akses

Obama Umumkan Pencalonannya Sebagai Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat


Senator dari Illinois, Barack Obama, dengan resmi mengumumkan pencalonan dirinya sebagai calon presiden untuk tahun 2008 dari Partai Demokrat hari ini di Springfield, ibukota negara bagian Illinois.

Obama mengumumkan pencalonannya sambil berdiri di depan Old State Capitol di Springfield, Illinois. Di sanalah presiden Amerika abad ke-19 Abraham Lincoln menyerukan penghapusan perbudakan dan persatuan seluruh negeri.

Dalam pesan video yang dimuat Jumat kemarin pada situs internetnya, dia mengatakan kepada pendukungnya mereka akan memulai –dalam kata-katanya - “sebuah perjalanan untuk merebut kembali negara kita.” Jika terpilih ia akan menjadi orang Amerika keturunan Afrika pertama yang terpilih menjadi presiden dalam sejarah Amerika.

Obama mengatakan ia ingin membangun Amerika yang lebih berpengharapan.Ia menggunakan sejarah kenaikannya dari seorang organisatoris komunitas di Illinois yang bergaji rendah menjadi anggota Senat pada tahun 2004 sebagai puncak pesannya itu. Ia berjanji akan mengatasi isu seperti terorisme, pendidikan, perawatan kesehatan, dan membebaskan Amerika dari yang disebutnya sebagai tirani minyak. Ia juga berseru perang Irak diakhiri dan pasukan Amerika ditarik pulang dari sana.

Setelah pengumuman itu, Obama akan mengunjungi Iowa dan New Hampshire, dua negara bagian pertama yang akan mengadakan pemilihan pendahuluan dalam proses pemilihan awal.

XS
SM
MD
LG