Tautan-tautan Akses

Israel Masih Menunggu Rincian Kesepakatan Faksi Hamas dan Fatah di Saudi


Perdana menteri Israel Ehud Olmert mengatakan negaranya tidak menolak tetapi juga tidak menerima kesepakatan yang dicapai Hamas dan Fatah pekan lalu di Mekkah, Arab Saudi untuk membentuk pemerintah persatuan. Berbicara dalam sidang kabinet hari Minggu di Yerusalem, Olmert mengatakan negaranya sedang menunggu rincian kesepakatan itu.

Ia mengulangi persyaratan Israel untuk bersedia berbicara dengan pemerintah Palestina yaitu Palestina mesti mengakui Israel, membuangkan kekerasan dan menerima semua perjanjian terdahulu yang dicapai dengan Israel.

Kesepakatan Fatah-Hamas itu ditandangani hari Kamis di Mekkah oleh Presiden Mahmoud Abbas dan pemimpin Hamas Khaled Mashaal disaksikan oleh Raja Arab Saudi Abdullah.

Presiden Abbas meminta pemerintah baru Palestina untuk menghormati semua perjanjian yang telah dicapai dengan Israel. Dalam kesepakatan itu tidak ada disebut-sebut tentang mengakui Israel atau membuang kekerasan. Penasehat senior Hamas Ahmed Youssef mengatakan hari Sabtu bahwa pemerintah baru tidak akan mengakui Israel.

XS
SM
MD
LG