Tautan-tautan Akses

Kwartet Timur Tengah: Pemerintahan Persatuan Palestina Harus Akui Israel


Kwartet yang memantau proses perdamaian Timur Tengah mengatakan pemerintah persatuan Palestina yang akan dibentuk harus meninggalkan kekerasan dan mengakui Israel kalau pemerintah tersebut ingin menjadi bagian usaha perdamaian di kawasan itu.

Kwartet tersebut mengeluarkan pernyataan Jumat malam, yang mengatakan pihaknya menyambut baik peran Arab Saudi dalam mencapai persetujuan untuk membentuk pemerintah persatuan nasional Palestina. Faksi-faksi politik Palestina yang bersaing, Hamas dan Fatah, menandatangani persetujuan hari Kamis di hadapan Raja Saudi Abdullah di Mekah.

Para pemimpin Kwartet mengadakan pembicaraan melalui telepon Jumat kemarin guna membahas perkembangan tersebut. Pernyataan Kwartet itu mencerminkan pendekatan hati-hati terhadap persetujuan yang ditengahi Saudi yang dilakukan sebelumnya oleh Departemen Luar Negeri Amerika.

Wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika, Tom Casey, mengatakan Washington tidak akan mengeluarkan pernyataan sebelum mengetahui siapa orang-orang yang akan duduk dalam pemerintahan Palestina yang baru itu, dan apa kebijakan pemerintah itu.

XS
SM
MD
LG