Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: Masih Ada Satu Hambatan Untuk Capai Persetujuan Awal dengan Korut


Pembicaraan 6 pihak mengenai program nuklir Korea Utara Sabtu ini telah memasuki hari ketiga, dengan ketua utusan Amerika mengatakan, bahwa masih ada satu hambatan untuk mencapai persetujuan pendahuluan.

Berbicara kepada wartawan di Bejing sebelum dimulainya pembicaraan, Christopher Hill mengatakan, perundingan mengenai daftar pendahuluan langkah untuk membongkar program nuklir Korea Utara telah menjurus ke satu masalah. Dia tidak bersedia menyebutkan hambatan itu.

Ketua delegasi Korea Selatan, Chun Yung-woo, mengatakan, Sabtu ini dan Ahad besok tampaknaya merupakan saat yang sangat menentukan bagi pembicaran tadi, namun dia memperingatkan bahwa tidak realistis untuk beranggapan bahwa persetujtuan mungkin akan mudah dicapai.

Jumat kemarin, Amerika dan Korea Utara mengadakan pembicaraan bilateral, namun rincian pertemuan itu tidak diumumkan. Tuan rumah, Cina, mengedarkan sebuah renana usulan, Kamis baru lalu yang membentangkan langkah-langkah yang dapat dilakukan Korea Utara dan pihak-pihak lain untuk mulai proses perlucutan senjata.

XS
SM
MD
LG