Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Amerika Menewaskan 8 Pemberontak di Irak


Militer Amerika di Irak menyatakan, serangan udara Amerika telah menewaskan sedikitnya 8 pemberontak, dan menghancurkan sebuah gedung di Baghdad.

Pernyataan militer Amerika mengatakan, tentara darat Amerika minta batuan dilakukannya serangan udara setelah mereka diserang dahsyat dalam pertempuran di daerah Jabour Arab, Kamis malam. Dikatakan, pesawat koalisi membom sebuah gedung dimana 8 tersangka bertahan.

Kata militer Amerika, 3 tentara Amerika tewas Kamis kemarin dalam operasi tempur di provinsi al-Anbar barat.

Militer Amerika mengatakan pasukan Irak telah menangkap seorang pejabat senior Kementerian Kesehatan atas kecurigaan telah menyalurkan jutaan dolar kepada milisi Syiah.

Pernyataan militer hari Kamis itu tidak menyebut nama pejabat tersebut, namun menyatakan dia terlibat dalam pembunuhan antara golongan dan membantu tentara Mahdi dari ulama Syiah radikal Moqtada al-Sadr meng-infiltrasi Kementerian Kesehatan.

Pasukan Irak menangkap tersangka itu di tempat kerjanya. Direktur Jenderal di Kementerian Kesehatan – Ali Bustan – mengeluh bahwa penangkapan itu dilakukan oleh tentara di kementerian tersebut.

Para pejabat Amerika dan Irak telah berjanji akan mematahkan milisi antara golongan sebagai bagian dari operasi baru keamanan Baghdad yang dimulai pekan ini.

Dalam kekerasan hari Kamis, para pejabat keamanan Irak mengatakan serangan-serangan sektarian dan pemberontak menewaskan 35 orang di seluruh negeri.

XS
SM
MD
LG