Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: Rencana yang Diajukan Cina Menawarkan Permulaan yang Baik bagi Perundingan


Para utusan dari Amerika dan lima negara lain sedang mempelajari daftar langkah tindakan yang diusulkan untuk memulai pembongkaran program senjata nuklir Korea Utara.

Pada hari kedua pembicaraan ambisi nuklir Korea Utara di Beijing hari ini, perunding utama Amerika Christopher Hill mengatakan naskah rencana yang diajukan Cina pada pembicaraan Kamis kemarin menawarkan permulaan yang baik bagi perundingan.

Tetapi katanya semua pihak perlu berusaha lebih keras, mengingat satu setengah tahun telah berlalu tanpa kemajuan yang berarti.

Utusan utama Korea Selatan ke pembicaraan itu, Chun Yung-woo, menyebut proposal tersebut landasan yang baik bagi negosiasi.

Meskipun rinciannya belum diperoleh, beberapa ahli mengatakan naskah rencana itu kemungkinan besar mencakup langkah oleh Korea Utara untuk menghentikan produksi bahan nuklir, paling tidak untuk sementara waktu.

Utusan Korea Utara, Kim Kye-Gwan, mengatakan negaranya siap membahas langkah-langkah awal perlucutan senjata nuklirnya tetapi dengan syarat Amerika menghentikan apa yang disebutnya kebijakan yang bermusuhan negara itu terhadap Pyongyang

XS
SM
MD
LG