Tautan-tautan Akses

AS Desak Sekutu-Sekutu NATO Agar Mengirim Pasukan Lebih Banyak di Afghanistan


AS menekankan sekutu-sekutunya di NATO agar mengirim lebih banyak pasukan untuk menghadapi militan Taliban di Afghanistan dalam bulan-bulan mendatang. Panglima tertinggi NATO di Eropa, Jendral Bantz Craddock dari AS, diperkirakan akan menyerukan bantuan yang lebih besar lagi untuk operasi-operasi di Afghanistan dalam sidang mentri-mentri pertahanan NATO hari ini di Seville, Spanyol. AS ingin memperkuat pasukan sekutu di kawasan Afghanistan selatan dan timur dekat perbatasan Pakistan.

Panglima-panglima NATO memperkirakan meningkatnya kekerasan oleh Taliban dalam bulan-bulan mendatang pada saat keadaan cuaca membaik. AS dan Inggris telah menjanjikan lebih banyak pasukan untuk pasukan NATO di Afghanistan. Pemerintahan Bush minta kepada Kongres tambahan dana hampir sembilan juta dolar untuk melatih dan melengkapi peralatan pasukan Afghanistan.

Sementara, pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan selatan mengatakan mereka telah menewaskan dua militan dalam tembak-menembak yang mencederai tiga pasukan koalisi. Sebuah pernyataan koalisi mengatakan tembak-menembak itu terjadi hari Rabu di provinsi Zabul selatan di Afghanistan. Dikatakan kekerasan terjadi ketika kaum militan menyerang sebuah konvoi dengan senjata ringan dan tembakan roket.

Provinsi Zabul adalah benteng pembrontak Taliban yang sering menyerang pasukan asing dan Afghanistan. Dalam perkembangan lain di Kandahar, polisi menahan delapan orang yang dikatakan oleh Gubernur Asadullah Khalid bertanggung jawab atas pembunuhan seorang pemimpin agama dan beberapa anggota kepolisian dalam pekan-pekan terakhir ini. Gubernur itu mengatakan mereka yang ditahan adalah warga Afghanistan yang didukung oleh unsur-unsur teroris di seberang perbatasan di Pakistan.

XS
SM
MD
LG