Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom Mobil Menewaskan 10 Orang di Sebelah Tenggara Baghdad


Para pejabat keamanan Irak mengatakan sekurang-kurangnya 28 orang tewas dan banyak lainnya luka-luka dalam serangkaian serangan di seluruh negara itu hari ini. Dalam insiden yang paling mematikan, ledakan bom mobil menewaskan paling sedikit 10 orang dan mencederai 25 lainnya di sebuah pasar di sebelah tenggara Baghdad.

Serangan lainnya terjadi di Baghdad, di kota Baquba yang rusuh di utara Baghdad, dan di kota Suwayra, di sebelah selatan Baghdad. Sementara itu, juru bicara Departemen Kesehatan Irak mengatakan pasukan Amerika dan pasukan Irak telah menahan wakil menteri kesehatan Irak, Hakim Zamili, dalam penggerebekan di ibukota Irak itu hari ini. Militer Amerika belum mengeluarkan pernyataan.

Para pejabat senior departemen kesehatan Irak dikabarkan setia kepada ulama Syi?ah radikal Moqtada al-Sadr, yang milisi Laskar Mahdi-nya dituduh melakukan sebagian besar pembunuhan antar golongan agama di Baghdad. Rabu kemarin, pasukan Amerika dan pasukan Irak memulai operasi keamanan yang sudah lama dinanti-nantikan di Baghdad untuk menghentikan kekerasan yang telah menewaskan ratusan orang.

XS
SM
MD
LG