Tautan-tautan Akses

Anggota Senat AS Persiapkan Resolusi Menentang Rencana Penambahan Pasukan ke Irak


Anggota Senat Amerika sedang mempersiapkan sebuah resolusi yang menentang rencana Presiden Bush untuk mengirim ribuan tentara tambahan ke Irak. Para Senator akan mulai mempertimbangkan apakah menyelenggarakan pemungutan suara terhadap resolusi dua partai hari ini.

Para Senator Demokrat yang menguasai mayoritas, bermaksud menguji resolusi ini pada Senin sore. Meskipun resolusi ini bersifat tidak mengikat, banyak Demokrat berpendapat ini merupakan cara untuk mendesak anggota Republik untuk menentukan sikap dalam masalah perang Irak. Tetapi Senator Republik, termasuk beberapa yang mendukung resolusi itu, berusaha menghambat pemungutan suara itu lewat sebuah prosedur yang di sebut filibuster.

Senator Republik, John McCain mengatakan, apabila resolusi ini diloloskan maka hal itu akan berpengaruh pada semangat dan kepercayaan kepada militer Amerika. Senator Demokrat, Dianne Feinstein mengatakan, apabila Republik menghambat perdebatan di Senat mengenai perang Irak, pada saat isu ini merupakan isu nomor satu di seluruh negeri, maka hal itu tidak bisa ditolerir.

XS
SM
MD
LG