Tautan-tautan Akses

2 Senator Amerika Mencapai Kompromi Kedua Faksi Menentang Rencana Bush


Dua orang Senator terkemuka Amerika telah mencapai kompromi kedua faksi atas resolusi yang menentang rencana Presiden Bush untuk mengirim ribuan pasukan tambahan Amerika ke Irak.

Senator dari partai Repbulik John Warner dan Senator dari partai Demokrat Carl Levin tadinya mensponsori resolusi yang saling berbeda yang menentang strategi baru Presiden Bush. Resolusi yang disponsori Levin sangat mengecam Presiden, dengan mengatakan penambahan pasukan tidak sesuai dengan kepentingan nasional. Resolusi Warner kurang keras, dan mencakup pasal yang menyarankan Senat mendukung suatu penambahan pasukan.

Resolusi baru yang tidak mengikat itu yang diumumkan hari Rabu menghapuskan pasal mengenai dukungan pada suatu penambahan pasukan, dan menambahkan janji untuk melindungi pendanaan pasukan yang sudah bertugas di Irak. Pengubahan ini bertujuan untuk memperoleh dukungan yang cukup dari kedua partai untuk memastikan persetujuan Senat.

Pemimpin mayoritas dalam Senat, Harry Reid, mengatakan ia akan mengajukan resolusi kompromi Warner-Levin itu ke sidang Senat minggu depan.

XS
SM
MD
LG