Tautan-tautan Akses

Kabinet Israel Menyetujui Penunjukan Menteri Pertama dari Etnis Arab Muslim


Kabinet Israel dengan suara besar menyetujui penunjukan menteri Arab Muslim pertama Negara itu. Ghaleb Majadele dari Partai Buruh yang berhaluan kiri tengah disetujui menjabat menteri pada sebuah sidang kabinet hari ini di Jerusalem. Hanya seorang menteri Israel yang berhaluan ultranasionalis, politisi Avigdor Lieberman, yang menentang.

Partai Buruh menominasi Majadele yang berumur 53 tahun itu sebagai seorang menteri guna menentang pengaruh Lieberman, seorang tokoh kontroversial yang bergabung dengan kabinet tahun lalu. Para pengecam menuduh Lieberman bersikap rasis atas komentarnya terhadap kaum Arab Israel dan warga Palestina.

Lieberman menganjurkan memindahkan warga Palestina keluar dari beberapa bagian wilayah Tepi Barat dan membuat perbatasan Israel yang baru yang mengeluarkan komunitas Arab Israel.

Sewaktu Majadele diambil sumpahnya di parlemen nanti, dia akan menjadi menteri warga Arab Muslim pertama dalam sejarah Israel. Warga Arab Israel berjumlah 20 persen dari penduduk Israel. Banyak yang mengeluhkan perlakuan diskriminasi yang mereka alami di Negara yang mayoritas penduduk Yahudi itu.

XS
SM
MD
LG