Tautan-tautan Akses

Demonstran Anti-Pemerintah di Lebanon Menghambat Jalan di Sekitar Ibukota


Demonstran anti-pemerintah di Lebanon sedang berusaha menghambat jalan di sekitar ibukota hari ini untuk memaksakan pemogokan umum yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Fuad Siniora.

Para aktivis oposisi membakar ban-ban di jalan-jalan utama di utara dan selatan Beirut serta di jalan-jalan utama lain di sekitar daerah kota pagi tadi. Oposisi, yang dipimpin oleh kelompok Shiah, Hezbullah, menyerukan pemogokan dan demonstrasi massa, untuk memaksa pemerintah membagi kekuasaan.

Pemimpin Hezbullah Hassan Nasrallah juga menuduh pemerintahan Siniora berusaha menjerumuskan Lebanon ke dalam perang saudara. Siniora mendesak rakyat Lebanon agar jangan turut dalam pemogokan itu. Ia mengatakan ia sudah siap memenuhi sebagian dari tuntutan oposisi itu, tetapi tidak akan memberi kepada oposisi hak veto atas keputusan pemerintah.

Konfrontasi itu telah memecah-belah politik Lebanon. Kaum Muslim Shiah negara itu pada umumnya telah mendukung sikap pro-Syria Lebanon sementara Sunni mendukung Siniora yang pro-Barat.

XS
SM
MD
LG