Tautan-tautan Akses

Chun Yung-Woo dan Kim Kye Kwan Memulai Pembicaraan Program  Nuklir di Beijing


Para pejabat Korea Selatan mengatakan perunding nuklir negara itu bertemu dengan utusan Korea Utara di Beijing dalam usaha untuk memulai kembali pembicaraan 6 negara mengenai program senjata nuklir Pyongyang.

Chun Yung-Woo dari Selatan dan Kim Kye Kwan dari Utara memulai pembicaraan mereka hari ini di ibukota Cina itu. Pertemuan tersebut adalah yang terbaru dalam beberapa perembukan di antara diplomat dari ke-6 negara yang terlibat dalam pembicaraan nuklir itu. Dalam satu minggu ini, utusan nuklir Amerika Christopher Hill bertemu dengan para utusan dari Korea Selatan, Jepang, dan Cina untuk melaporkan kepada mereka mengenai pembicaraannya dengan utusan Korea Utara, Kim di Berlin.

Hill mengatakan hari Senin bahwa pembicaraan multilateral dapat dilanjtukan segera setelah tuan rumah Beijing menyelesaikan perembukan dengan negara-negara lain.

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Aso mengatakan hari ini satu babak perundingan lagi tidak akan ada artinya, kecuali kalau perundingan itu secara khusus menanggulangi masalah pelucutan nuklir Korea utara.

XS
SM
MD
LG