Tautan-tautan Akses

AS, Uni Eropa Kesampingkan Keprihatinan Atas Kemenangan Ultranasionalis Serbia


Amerika dan Uni Eropa mengesampingkan keprihatinan dari pemilihan parlemen hari Minggu dimana kelompok ultra nasionalis Serbia menang dan bisa mengarah pada kurangnya kerja sama dengan fihak Barat.

Hasil pemilu parlemen di Serbia memberikan Partai Radikal, yang di pimpin oleh tertuduh penjahat perang Vojislav Seselj, memperoleh 29 persen dari suara. Partai Demokratik yang pro Barat, pimpinan Presiden Boris Tadic menang 23 persen, sementara partai Perdana Menteri Vojislav Kostunica, yang beraliran kanan tengah dan pro Barat, Partai Koalisi Populer, memperoleh 17 persen.

Tidak ada partai yang memenangkan kursi cukup untuk membentuk pemerintahan baru, jadi perundingan pembentukan koalisi akan berlangsung.

Jurubicara Gedung Putih Tony Snow memberi selamat kepada rakyat Serbia atas keberhasilan pemilihan itu. Ia mengatakan, Washington menaruh harapan karena partai-partai yang memiliki komitmen melaksanakan reformasi demokratik masih memperoleh suara lebih banyak dari kelompok ultra nasionalis.

Pemimpin Uni Eropa mengatakan, partai-partai pro Barat masih menguasai majoritas di parlemen dan Serbia memiliki tempat di Eropa.

XS
SM
MD
LG