Tautan-tautan Akses

Teheran Melarang 38 Inspektur PBB Memeriksa Fasilitas Nuklir Iran


Pejabat Iran mengatakan pemerintah melarang 38 inspektur PBB masuk ke negara itu untuk memeriksa fasilitas nuklir Iran. Menteri Luar Negeri Manouchechr Mottaki mengatakan kepada reporter pada hari Senin di Teheran, menolak masuk para inspektur itu adalah sah. Mottaki mengatakan, negara anggota badan nuklir PBB itu memiliki hak untuk menentang kunjungan inspektur tertentu.

Badan Energi Atom Internasional atau IAEA mengatakan, sedang mendiskusikan dengan Iran keputusannya untuk melarang masuk nya ke 38 inspektur itu, tetapi katanya, masih ada cukup inspektur untuk memonitor kegiatan nuklir Iran.

Seorang legislator senior Iran, Alaeddin Boroujerdi mengatakan pada Iranian Student News Agency, langkah ini sesuai dengan UU baru yang mengharuskan pemerintah mengubah kerjasama nya dengan IAEA.

Parlemen Iran meloloskan UU ini bulan lalu sebagai tanggapan terhadap resolusi DK PBB yang memberlakukan sanksi terhadap Iran. Sanksi ini diberlakukan setelah Teheran menolak untuk menghentikan program pengayaan uraniumnya.

XS
SM
MD
LG