Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: Perundingan Senjata Nuklir Korea Utara dapat Segera Dimulai


Juru runding utama Amerika bagi perundingan untuk mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara mengatakan perundingan dapat dimulai dalam waktu dekat. Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Christopher Hill mengatakan hari Senin ini negosiasi kemungkinan akan dimulai segera setelah Cina berkonsultasi dengan pihak-pihak lain dalam pembicaraan enam-pihak itu.

Berbicara kepada para wartawan hari ini sebelum meninggalkan Beijing, Hill mengatakan terdapat alas an untuk optimistic tentang prospek bagi perdamaian.

Ia mengatakan: "Berdasarkan konsultasi yang kita lakukan dalam pecan terakhir ini, saya piker kita ada dasar untuk segera berhimpun selekas mungkin dalam proses 6 pihak dan membuat kemajuan." Demikian Hill. Dia mengatakan hal itu di Beijing menyusul pembicaraan dengan mitranya dari Cina, Deputi Menteri Luar Negeri Wu Dawei. Hill mengatakan ada harapan untuk optimistik mengenai prospek pembicaraan. Harapan baru bagi perundingan mucul pekan lalu setelah Hill dan mitranya dari Korea Utara bertemu di Berlin dan sepakat untuk membuka kembali perundingan.

Pembicaraan yang dituanrumahi Beijing itu melibatkan Korea Utara, Korea Selatan, Amerika Serikat, Cina, Jepang dan Rusia. Korea Utara memboikot pembicaraan enam-pihak itu selama lebih dari satu tahun sebelum kembali ke meja perundingan bulan Desember lalu.

XS
SM
MD
LG