Tautan-tautan Akses

Pemimpin Taliban Mullah Omar Dilaporkan Bersembunyi di Quetta, Pakistan Barat


Pemimpin Taliban Mullah Omar dilaporkan bersembunyi di kota Quetta, Pakistan barat, kata seorang pejabat Taliban yang berhasil ditangkap. Pejabat Afghanistan hari Rabu mengumumkan sebagian dari interogasi atas Mohammad Hanif, tokoh Taliban itu, yang mengatakan Mullah Omar tinggal di Quetta dibawah perlindungan dinas intelijen Pakistan, ISI.

Namun, kantor berita Associated Press mengutip menteri dalam negeri Pakistan Aftab Khan Sherpao yang mengatakan, tuduhan itu sama sekali tidak berdasar. Sherpao membantah bahwa Omar berada di Pakistan. Pejabat Taliban Mohammed Hanif ditangkap oleh petugas keamanan Afghanistan kemarin, ketika dia baru tiba dari Pakistan.

Sementara, pejabat departemen LN Amerika, Nicholas Burns mengatakan Pakistan dan Afghanistan harus memutuskan cara yang paling baik untuk mencegah infiltrasi lewat perbatasan. Kata Burns, rencana Pakistan untuk memasang ranjau darat sepanjang perbatasan dengan Afghanistan adalah urusan kedua negara.

Afghanistan menentang rencana itu, karena katanya tidak akan berhasil untuk mencegah aksi-aksi teroris. Afghanistan berulang-kali menuduh Pakistan tidak cukup bertindak untuk menghentikan milisi Taliban masuk lewat perbatasan. Aksi-aksi kekerasan di Afghanistan meningkat secara dramatis tahun lalu, menewaskan ribuan orang, dan memicu ketegangan dengan Pakistan.

XS
SM
MD
LG