Tautan-tautan Akses

Rice Kembali Lagi ke Israel Setelah Bertemu Raja Abdullah di Yordania


Menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice kembali lagi ke Israel dari pembicaraan di Yordania dengan Raja Abdullah. Pernyataan yang dikeluarkan Istana Raja Abdullah mengatakan Rice berjanji akan bekerja untuk menarik Palestina dan Israel kembali ke meja perundingan. Juga dikatakan bahwa Abdullah memperingatkan bahwa siklus kekerasan akan bertambah buruk kecuali jika diambil langkah-langkah untuk menghidupkan kembali peta jalan perdamaian yang didukung internasional.

Condoleezza Rice berada di Yordania sekitar dua jam sebelum kembali lagi ke Yerusalem untuk melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Ehud Olmert hari Senin ini. Rice menegaskan kepada Raja Abdullah bahwa Amerika bertekad tegaknya negara Palestina di sisi Israel.

Sebelumnya hari Minggu, setelah pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, Rice mengatakan Amerika akan meningkatkan peranannya dalam upaya menyelesaikan pertikaian Israel-Palestina. Presiden Abbas mengatakan ia memberitahu Rice tentang sikapnya menentang pembentukan negara Palestina di dalam tapal batas yang sifatnya sementara.

XS
SM
MD
LG