Tautan-tautan Akses

KTT ASEAN Ditutup, Keluarkan Pernyataan Bersama Soal Birma dan Korea Utara


KTT ASEAN di Cebu, Filipina berakhir hari Minggu dengan tantangan kepada Korea Utara dan Birma. Lewat pernyataan akhirnya ASEAN menghimbau Korea Utara membatalkan percobaan nuklir dan ikut dalam Perjanjian Melarang Penyebaran Nuklir. Selain itu ASEAN juga meminta Korea Utara melaksanakan Perjanjian Tahun 2005 tentang menghentikan program senjata nuklirnya.

Dikatakan bahwa Korea Utara harus menangani masalah kemanusiaan seperti kekurangan pangan dan obat-obatan serta nasib orang-orang yang diculik dari Korea Selatan dan Jepang. Kemudian ASEAN berseru kepada Birma agar membebaskan tahanan politik dan bergerak menuju demokrasi. ASEAN menawarkan bantuan kepada Birma dalam menangani berbagai masalah kemanusiaan seperti penyakit infeksi dan pengungsi akibat pemberontakan di kawasan pedesaan.

Laporan singkat yang dipersiapkan bagi KTT itu menyatakan ASEAN selama ini terlalu memusatkan perhatian pada isu-isu politik dan ekonomi dengan Birma. Dan mengarahkan perhatian pada isu-isu kemanusiaan merupakan pendekatan baru yang dilakukan ASEAN.

Sebagai bagian dari pernyataan akhir, ASEAN menyatakan ingin ikut bertanggungjawab mengenai Birma yang kini dituntut masyarakat internasional agar melakukan reformasi demokrasi. ASEAN meminta Birma yang berpemerintahan militer dan juga anggota ASEAN supaya memelihara kredibilitas ASEAN sebagai kelompok regional yang efektif.

XS
SM
MD
LG