Tautan-tautan Akses

Pemimpin ASEAN Tandatangani Pakta Konvensi Kontra-Terorisme ASEAN di Cebu


Para pemimpin Asia Tenggara telah menandatangani perjanjian bersejarah untuk memerangi terorisme di kawasan yang dilanda oleh serangan-serangan mematikan dan telah menjadi tempat penggodokan militan yang terkait dengan jaringan teror al-Qaida.

Para pemimpin ke 10 negara ASEAN menandatangani pakta Konvensi Kontra-Terorisme ASEAN hari ini di pertemuan puncak tahunan mereka hari ini di Cebu Filipina. Pakta itu adalah perjanjian pertama di kawasan Asia Tenggara untuk memerangi terorisme.

Perjanjian itu akan memudahkan negara-negara ASEAN melacak orang-orang yang dicurigai teroris dan uang mereka melintas perbatasan; membagi informasi intelejen dan mengekstradisi terdakwa dari satu negara ke negara ASEAN yang lain.

Dalam isu lain, para pemimpin ASEAN, diperkirakan akan menyepakati pembentukan zona perdagangan bebas selambat-lambatnya tahun 2015, Dan juga menanda-tangani rencana piagam mereka yang pertama - yang bertujuan untuk mengubah kelompok itu menjadi satu badan hukum yang mempunyai peraturan yang mengikat.

XS
SM
MD
LG