Tautan-tautan Akses

Utusan Uni Eropa Desak Pemerintah Sudan dan Pemberontak Sepakati Perjanjian Damai


Utusan khusus Uni Eropa ke Sudan mengatakan, pemberontak Darfur dan Pemerintah Sudan bekerja lagi untuk mencapai persetujuan damai yang dapat diterima. Utusan khusus Uni Eropa itu, Pekka Haavisto mengatakan kepada wartawan hari Sabtu, di Khartoum, bahwa ia optimistis, penyelesaian politik bagi konflik di daerah Darfur, Sudan barat , dapat digarap.

Pada bulan Mei, Uni Afrika menjadi perantara pembicaraan damai yang ditandatangani oleh salah satu kelompok pemberontak yang beroperasi di Darfur. Pihak-pihak yang bersengketa mengatakan bahwa perjanjian itu tidak memenuhi tuntutan mereka untuk membagi kekuasaan dan kekayaan. Tetapi Pemerintah Sudan mengatakan, tidak akan mengubah perjanjian tersebut.

Pekka Haavisto mendesak pihak pemberontak agar meninjau-ulang tuntutan mereka, dengan mengatakan, persetujuan baru-baru ini berisi hal-hal yang paling menjadi perhatian mereka. Hari Rabu, tokoh politik Amerika, Bill Richardson mengatakan, ia menengahi secara lisan gencatan senjata selama 60 hari, antara pemerintah dan pemberontak di Darfur.

XS
SM
MD
LG