Tautan-tautan Akses

Bush Memberi Garis Besar Strategi Baru Mencakup Penambahan 20 Ribu Pasukan ke Irak


Presiden Bush memberi garis besar strategi baru untuk Irak yang mencakup pengiriman lebih dari 20 ribu pasukan tambahan untuk membantu pasukan Irak menumpas kekerasan antar golongan.

Dalam pidato yang disiarkan televise Rabu malam dari Washington, Bush mengatakan ia menerima tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan sebegitu jauh dalam perang itu. Tetapi, ia memperingatkan bahwa meninggalkan Irak sekarang akan memaksa kejatuhan pemerintah Irak.

Ia mengatakan peningkatan dukungan Amerika akan membantu rakyat Irak mematahkan siklus kekerasan dan mempercepat pulangnya pasukan Amerika. Ia mengatakan pemerintah Irak bertekad untuk menghentikan kekerasan antar golongan. Rencana Bush menghendaki pengerahan sebagian besar pasukan tambahan ke Baghdad. Ia mengatakan pasukan tersebut akan bekerjasama dengan pasukan Irak untuk membersihkan dan mengamankan daerah-daerah Baghdad. Empat ribu pasukan Amerika juga akan dikerahkan ke provinsi Anbar, yang katanya adalah pangkalan al-Qaida di Irak.

Bush mengatakan Perdana menteri Irak Nouri al-Maliki telah berjanji ia tidak akan mentolerir gangguan politik dan golongan agama terhadap operasi militer. Ia mengatakan pemerintah Irak akan mengambil alih tanggung jawab keamanan sebelum bulan November, dan akan menggunakan 10 milyar dolar dana sendiri untuk proyek pembangunan kembali.

XS
SM
MD
LG