Tautan-tautan Akses

Pentagon Akui Lancarkan Serangan Udara Atas Sasaran Al-Qaida di Somalia


Amerika mengakui telah melancarkan serangan udara atas orang-orang yang dicurigai sebagai pimpinan al-Qaida di Somalia. Ini adalah pertama kalinya Amerika melancarkan serangan di Somalia, sejak operasi militer yang gagal tahun 1994, ketika itu 18 orang tentara Amerika tewas dalam pertempuran di kota Mogadishu.

Pengakuan ini dikeluarkan ditengah laporan adanya serangan udara kedua yang dilancarkan hari Selasa. Kata jurubicara Pentagon Bryan Whitman, sebuah pesawat Hercules AC-130 menghantam apa yang disebutnya kelompok pimpinan al-Qaida di kawasan itu, tapi tidak dijelaskan apakah tujuan serangan itu tercapai.

Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-Moon mengatakan prihatin bahwa serangan Amerika itu akan meningkatkan aksi kekerasan dan mencederai warga sipil. Di ibukota Mogadishu, orang-orang bersenjata menyerang tentara Ethiopia dan pasukan pemerintah Somalia dengan granat roket.

Kapal-kapal perang Amerika telah ditempatkan di lepas pantai Somalia, katanya untuk mencegah larinya pemberontak islam atau al-Qaida. Tapi para pemimpin kelompok islam membantah punya hubungan apapun dengan al-Qaida.

XS
SM
MD
LG