Tautan-tautan Akses

Presiden Sementara Somalia Abdulahi Yusuf Masuk ke Ibukota Mogadishu


Presiden sementara Somalia, Abdulahi Yusuf untuk pertama kalinya masuk ke ibukota Mogadishu setelah dia diangkat jadi Presiden akhir tahun 2004. Kata para saksi, pesawat yang membawa Yusuf mendarat di bandar udara Mogadishu yang dikawal ketat hari Senin.

Kata para pejabat, Yusuf akan tinggal istana Presiden yang telah dikuasai oleh para kepala suku selama 15 tahun terakhir. Pemerintah sementara itu masih berusaha keras untuk menegakkan kewibawaannya di Mogadishu, yang baru saja direbut dari kelompok islam dengan bantuan tentara Ethiopia.

Namun, orang-orang bersenjata hari Sabtu dan Minggu kemarin melancarkan serangan atas tentara Ethiopia di Mogadishu. Empat orang dilaporkan tewas.

Pasukan pemerintah sementara dan tentara Ethiopia terus mencari para pejuang islam yang bertahan di kota ras kamboni, dekat perbatasan dengan Kenya. Kata Presiden Yusuf kepada jaringan televisi al-Jazira, dia sedang menunggu tibanya pasukan penjaga perdamaian internasional, yang akan menggantikan tentara Ethiopia itu.

XS
SM
MD
LG